Senin, 31 Desember 2012

Prakata Kitab

Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasambuddhasa 

Empat landasan kesadaran 

Demikian yang saya dengar. 

Pada suatu waktu Sang Bhagava sedang tinggal di antara orang Kuru, di Kammasadamma, pasar-kota orang-orang Kuru. 

Sang Bhagava berbicara kepada para bhikkhu demikian: 
"Para bhikkhu," dan mereka menjawab kepadanya, "Bhante." 

Dan Sang Bhagava berbicara sebagai berikut: 
Ini adalah satu-satunya cara, para bhikkhu, untuk pemurnian makhluk, untuk mengatasi kesedihan dan ratapan, untuk menghancurkan rasa sakit dan kesedihan, untuk mencapai jalan yang benar, untuk realisasi Nibbana, 
yaitu Empat landasan kesadaran. 

Apakah yang empat itu? 
Disini (dalam ajaran ini) seorang bhikkhu berdiam melatih perenungan-tubuh pada tubuh, bersemangat, memahami dengan jelas dan sadar, 
setelah mengatasi ketamakan dan kesedihan tentang dunia, ia berdiam berlatih perenungan-perasaan pada perasaan, bersemangat, memahami dengan jelas dan sadar, 
setelah mengatasi ketamakan dan kesedihan tentang dunia, ia berdiam berlatih perenungan-pikiran pada pikiran, tekun, memahami denga jelas dan sadar, 
setelah mengatasi ketamakan dan kesedihan tentang dunia, ia berdiam berlatih perenungan-obyek-pikiran pada obyek-pikiran, bersemangat, memahami dengan jelas dan sadar, setelah mengatasi ketamakan dan kesedihan tentang dunia.

Minggu, 30 Desember 2012

Tiga Model Dalam Perkembangan Meditasi

Saya ingin mempostulatkan tiga model dalam perkembangan meditasi pandangan terang, yaitu, kemajuan penetrasi ke dalam tiga karakteristik universal.

Model pertama adalah model mikroskop.

Kemajuan pemahaman akan seperti mikroskop yang konsisten meningkatkan kekuatan pembesaran.

Ketika mikroskop meningkatkan pembesaran, Anda dapat melihat lebih detail ke dalam sifat kaca mikroskop Anda.

Ini adalah hal yang sama ketika Anda menonton sifat dari tiga karakteristik universal.

Saat wawasan pengetahuan tumbuh, kenyataan menjadi lebih jelas dan lebih jelas.

Tentu saja, hal ini tidak terjadi sekaligus, perlahan-lahan meningkat.

Model ini memberikan gagasan bahwa itu tidak datang dari pemikiran, tetapi dari kesadaran yang murni, jelas dan terkonsentrasi.

Harus ada niat untuk melihat dan mengalami lebih dalam.

Jika seseorang hanya puas untuk mengalami apa yang ada, maka seseorang tidak mungkin pergi lebih jauh.

Kita harus mendorong pada.

Model kedua adalah bahwa dari sebuah pohon yang tumbuh, sesuatu yang berbentuk kerucut di alam, seperti cypress atau cemara.

Apa yang terjadi adalah bahwa pohon ini, ketika tumbuh, terlebih dahulu harus mendapatkan akar tegas dan kuat.

Jika sistem akar tidak kuat, maka tidak dapat mendukung pertumbuhan pohon yang tinggi.

Akar mewakili kamma baik keseluruhan dan moralitas, dll

Setelah pohon tumbuh, ia melakukannya sesuai dengan tingkat tertentu.

Cabang-cabang pertama tumbuh, kemudian karena menumbuhkan tingkat yang lebih tinggi, tingkat yang lebih rendah harus memperluas, dan akar harus memperluas lebih lanjut.

Ketika kedua tingkat telah lebih mapan, maka tingkat ketiga tumbuh.

Ketika tingkat ketiga tumbuh, dua tingkat lebih rendah harus tumbuh lebih jauh.

Ini berarti bahwa dasar yang tepat dari pengalaman yang lebih rendah harus dikembangkan lebih lanjut sebelum tingkat yang lebih tinggi dapat tumbuh.

Sebagai contoh, konsentrasi Anda harus bertahan lebih lama dan lebih dalam, sebelum Anda dapat menonton lebih banyak fenomena.

Oleh karena itu, ketika Anda menonton pengalaman baru tertentu, Anda harus menonton lagi dan jelas sebelum Anda dapat menonton yang lebih dalam.

Untuk tingkat ketiga untuk menjadi lebih kuat, tingkat pertama dan kedua harus menjadi lebih kuat juga.

Anda tidak melupakan tingkat yang lebih rendah.

Ini berarti bahwa akan ada pengulangan konstan dari pengalaman sebelumnya untuk beberapa waktu, sebelum pengalaman baru datang.

Pelajaran yang bisa dipetik adalah bahwa Anda harus memiliki kesabaran.

Model ketiga adalah model obat mujarab keabadian.

Mungkin Anda tidak dapat menemukannya di sini, tetapi Cina biasanya menggunakan ginseng.

Legenda ginseng adalah bahwa ketika itu menjadi obat mujarab keabadian, akar akan tumbuh menjadi bentuk manusia.

Ini menjadi makhluk hidup dan berjalan sekitar.

Idenya adalah untuk menangkapnya.

Bila Anda menangkapnya, ia menjadi akar ginseng lagi, dan ketika Anda makan, itu menjadi obat untuk semua jenis penyakit.

Anda menempatkan akar dalam air dan Anda merebusnya untuk mengekstrak esensi dari itu.

Anda harus merebusnya perlahan untuk waktu yang lama untuk mengekstrak esensi dari itu.

Demikian pula, untuk mendapatkan pengetahuan wawasan, Anda harus mulai duduk pada keadaan mendidih, yaitu, mulai "mendidihkan" diri anda.

Anda melihat rasa sakit, Anda melihat "naik" dan "turun," "duduk" dan "menyentuh," pemikiran, hal yang sama lagi dan lagi.

Perlahan-lahan, pemahaman muncul dan ini membawa pelepasan dari semua yang muncul dan menghilang.

Selamat Datang di Blog Belajar Meditasi

Blog ini akan saya isi dengan materi-materi yang berhubungan dengan belajar meditasi.

Semoga semua makhluk berbahagia.